Overclaim Klaim SPF Suncreen : Ancaman terhadap Kepercayaan Konsumen

Glad2Glow atau biasanya disebut G2G adalah brand skincare lokal Indonesia yang didirikan pada tahun 2022, di bawah PT Suntone Wisdom Indonesia dengan produksi di Tiongkok. Brand ini menawarkan berbagai produk perawatan kulit yang dirancang khusus untuk kebutuhan kulit remaja dan dewasa muda dengan fokus pada solusi untuk masalah seperti jerawat, kulit kusam, dan kulit sensitif.

Produk-produk G2G dikenal karena kombinasi bahan aktif (seperti niacinamide, salicylic acid, dan ceramide) dengan bahan alami, serta harga yang terjangkau, yang membuat G2G menjadi populer di platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, TikTokShop, Watsons, dan Sociolla. Semua produknya terdaftar di BPOM, menjamin keamanan dan kualitas untuk konsumen Indonesia.

Tetapi G2G pernah mengahadapi isu reputasi klaim SPF (Sun Protection Factor) pada produk sunscreen-nya. Beberapa pengguna menyatakan bahwa SPF yang diklaim tidak sesuai dengan performa aktual produk. Namun, sebagian pengguna lain berpendapat bahwa keluhan ini mungkin berasal dari penggunaan produk palsu bukan produk resmi Glad2Glow.

Namun, G2G berhasil menjaga reputasinya dengan tetap aktif di e-commerce dan media sosial, memastikan semua produk terdaftar di BPOM, dan memanfaatkan pemasaran digital yang kuat. Tidak ada krisis operasional atau keuangan yang signifikan, menunjukkan stabilitas brand dibandingkan e-commerce lain seperti TikTokShope dan lainnya.

Strategi Glad2Glow membangun/mengembangkan kepercayaan konsumen terkait SPF (Suncreen Protection Factor), sebagai berikut :

  • 1.      Transparansi melalui Sertifikasi dan Informasi Produk
  • 2.      Edukasi Konsumen tentang Penggunaan Sunscreen
  • 3.      Cerita Sukses dan Testimoni Pengguna
  • 4.      Menangani Isu Produk Palsu
  • 5.      Keterlibatan Aktif di Media Sosial dan E-commerce
  • 6.      Pemantauan dan Evaluasi


 

 

Komentar