Overclaim Klaim SPF Suncreen : Ancaman terhadap Kepercayaan Konsumen
Glad2Glow atau biasanya disebut G2G adalah brand skincare lokal
Indonesia yang didirikan pada tahun 2022, di bawah PT Suntone Wisdom Indonesia
dengan produksi di Tiongkok. Brand ini menawarkan berbagai produk perawatan
kulit yang dirancang khusus untuk kebutuhan kulit remaja dan dewasa muda dengan
fokus pada solusi untuk masalah seperti jerawat, kulit kusam, dan kulit
sensitif.
Produk-produk G2G dikenal karena kombinasi bahan aktif (seperti
niacinamide, salicylic acid, dan ceramide) dengan bahan alami, serta harga yang
terjangkau, yang membuat G2G menjadi populer di platform e-commerce seperti
Shopee, Tokopedia, TikTokShop, Watsons, dan Sociolla. Semua produknya terdaftar
di BPOM, menjamin keamanan dan kualitas untuk konsumen Indonesia.
Tetapi G2G pernah mengahadapi isu reputasi klaim SPF (Sun
Protection Factor) pada produk sunscreen-nya. Beberapa pengguna menyatakan
bahwa SPF yang diklaim tidak sesuai dengan performa aktual produk. Namun,
sebagian pengguna lain berpendapat bahwa keluhan ini mungkin berasal dari
penggunaan produk palsu bukan produk resmi Glad2Glow.
Namun, G2G berhasil menjaga reputasinya dengan tetap aktif di e-commerce dan media sosial, memastikan semua produk terdaftar di BPOM, dan memanfaatkan pemasaran digital yang kuat. Tidak ada krisis operasional atau keuangan yang signifikan, menunjukkan stabilitas brand dibandingkan e-commerce lain seperti TikTokShope dan lainnya.
Strategi Glad2Glow membangun/mengembangkan kepercayaan konsumen terkait SPF (Suncreen Protection Factor), sebagai berikut :
- 1.
Transparansi
melalui Sertifikasi dan Informasi Produk
- 2.
Edukasi
Konsumen tentang Penggunaan Sunscreen
- 3.
Cerita
Sukses dan Testimoni Pengguna
- 4.
Menangani
Isu Produk Palsu
- 5.
Keterlibatan
Aktif di Media Sosial dan E-commerce
- 6.
Pemantauan
dan Evaluasi
Komentar
Posting Komentar